This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

PEMASANGAN BAJA RINGAN

PEMASANGAN BAJA RINGAN

Harga baja ringan terbaru

Info & Pemesanan hubungi:

MENGENAL RANGKA  ATAP BAJA RINGAN.

Atap merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah bangunan. Awalnya, atap dibuat hanya sekedar untuk menjadi pelindung rumah dari terik panas maupun hujan. Ketersediaan kayu yang makin langka serta Harga kayu yang makin hari makin tinggi membuat kayu tidak lagi menjadi pilihan utama.

Perkembangan di sektor konstruksi (pembangunan) telah memberikan solusi yang cukup signifikan dalam modifikasi rangka atap. Salah satunya adalah transformasi rangka atap dari kayu ke material baja ringan. Baja ringan sendiri, kini telah menjadi pilihan banyak developer dalam pembentukam dan pembangunan  rangka atap.

Konstruksi baja ringan sangat mudah dipasang karena bobotnya yang ringan namun kuat, praktis karena tersedia berbagi model dan mudah dibentuk serta dapat dirancang sesuai design yang diinginkan dan ekonomis karena harganya yang sangat terjangkau.

Baca Juga

  • Update harga baja ringan
  • Harga jasa epoxi lantai
JENIS - JENIS BAJARINGAN.
Berdasarkan bahan bakunya, ada dua jenis baja ringan yang biasa kita temui di pasaran antara lain:

1.       Baja ringan galvanise (Galfanis).
Baja ringan jenis ini lebih banyak digunakan karena lebih tahan terhadap campuran semen serta harganya yang lebih murah dan terjangkau akan tetapi lebih mudah korosif.

2.       Baja ringan Galvalume.
Baja ringan jenis ini cenderung lebih tahan korosif (Faktor-faktor penyebab karat) dan lebih tahan terhadap zat garam.

Sekalipun memiliki banyak kelebihan dibandingkan konstruksi atap kayu, baja ringan juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu diantaranya adalah bentuknya yang tipis sehingga membutuhkan banyak material dalam konstruksinya. Kelebihan lainnya, sekalipun bentuknya yang tipis, konstruksi baja ringan dapat digunakan sebagai landasan penutup atap menggunakan genteng, logam maupun kaca.

HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PEMASANGAN RANGKA ATAP BAJA RINGAN
1.       Perhatikan penutup atap yang akan digunakan.
Seperti keterangan diatas, bahwa rangka atap baja ringan dapat menopang berbagai jenis atap yang akan digunakan sesuai keinginan anda. Artinya, anda tidak hanya dapat menggunakan bahan penutup berupa logam (genteng metal) saja. Tetapi anda juga dapat menggunakan penutup atap yang memiliki bobot lebih berat seperti asbes, genteng tanah liat (clay), kaca maupun logam.

Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam konstruksinya adalah kerapatan tulangannya. Semakin berat penutup atap yang digunakan, maka usahakan jarak antar tulangan dibuat lebih rapat. Idealnya jarak antar tulangan adalh 150 cm.

2.       Kualitas dan jenis baja ringan
Baja ringan memiliki kekuatan lentur serta ketahan terhadap lingkungan yang berbeda.  Sebenarnya anda dapat mengecek MoR(kekuatan patah) dan MoE(Kekuatan lentur). Idealnya baja ringan memiliki kekuatan lentur 550 Mpa.

Semakin kecil kekuatan baja ringan semakin beresiko dalam menahan beban yang berat. Untuk itu, kerapatan antar tulang menjadi faktor penting yang harus disesuaikan dengan model atap yang akan digunakan sebagai penutup.

3.       Garansi
Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah garansi dari produk baja ringan. Tentunya, kita tidak menginginkan produk dengan masa pakai (service live) yang singkat sehingga kita harus mengeluarkan biaya perbaikan berulang-ulang.

Pastikan baja ringan yang anda gunakan memiliki garansi sehingga anda merasa tenang dan tidak hawatir untuk mengeluarkan biaya lebih karena kualitas produk yang baik.
   
KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN BAJARINGAN
Menggunakan atap baja ringan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan menggunakan rangka atap kayu, berikut ini keuntungan menggunakan rangka atap bajaringan:

ü  Nilai muai dan susutnya sangat kecil, tidak cepat berubah meskipun terkena panas dan dingin.
ü  Bobot rangka baja sangat ringan dibanding kayu. Itu berarti beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya lebih rendah,
ü  Baja ringan juga bersifat non-combustible atau tidak membesarkan api. Artinya, jika terjadi kebakaran, baja ringan tidak membesarkan api. Berbeda dengan kayu yang membuat api menjadi besar.
ü  Keunggulan baja ringan yang paling bisa terlihat adalah tidak dimakan rayap, berbeda dengan kayu yang setiap saat terancam rayap.

SPESIFIKASI & MEREK BAJARINGAN.
Beberapa merek bajaringan berstandard SNI yang saat ini berdar dipasaran antara lain:

1.       TASO
Taso adalah brand atau merek yang paling populer dan banyak digunakan untuk kebutuhan konstruksi baja, Taso sendiri memiliki keunggulan dari segi kualitas dan bahan. Beberapa type dan ukuran baja taso:
SPESIFIKASI BAJA TASO
TEBAL
PANJANG
TYPE
32 mm
6 Meter
Reng 32.45 SNI
100 mm
6 Meter
Truss C.100 SNI
0.80 TCT
6 Meter
Truss C.80 SNI
0.75 TCT
6 Meter
Truss C.75 SNI

2.       ALFA PRIMA
Baja Alfa prima menjadi salah satu merek baja ringan yang cukup banyak direkomendasikan, berikut ini spesifikasi baja alfa prima:
SPESIFIKASI BAJA ALFA PRIMA
TYPE
TEBAL
PANJANG
Reng 30.45 SNI
30 mm
6 Meter
Reng 31.45 SNI
31 mm
6 Meter
Truss C.100 SNI
100 mm
6 Meter
Truss C.75 SNI
0.75 TCT
6 Meter
Truss C.65 SNI
0.60 TCT
6 Meter

3.       BMT/CBM
Salah satu baja yang sudah teruji kualitasnya adalah baja BMT/CBM, selain karena kualitas baja itu sendiri baja BMT juga tahan terhadap segala kondisi, BTM menjadi salah satu merek baja yang memiliki type dan ukuran paling banyak antara lain:
SPESIFIKASI BAJA BMT/CBM
TYPE
TEBAL
PANJANG
Reng 28.45 SNI
28 mm
6 Meter
Truss C.100 SNI
100 mm
6 Meter
Truss C.75 SNI
0.75 TCT
6 Meter
Truss C.70 SNI
0.70 TCT
6 Meter
Truss C.60 SNI
0.60 TCT
6 Meter
CBM Truss C.100 SNI
100 mm
6 Meter
CBM Truss C.75 SNI
0.75 TCT
6 Meter

4.       ANDAL PRIMA TRUSS
Merk baja ringan yang satu ini juga termasuk baja ringan terbaik berdasarkan SNI. Baja ini memiliki panjang 6 meter, lebar 7,5 cm, dan tinggi 3,5 cm. Sedangkan tebal baja ini yaitu 0,75 mm. Bahan pembuatannya sendiri yaitu Galvalume. Baja ringan merk Prima ini biasanya digunakan untuk membuat rangka atap bangunan. Kelebihan baja ringan ini, yaitu bahan tidak mudah terbakar, anti karat, pemasangannya lebih mudah, bebas rayap, dan lainnya. Oleh karena itu, baja ini akan lebih awet jika digunakan sebagai konstruksi untuk bangunan.

5.       CILEGON STEEL
Yang terakhir yaitu baja ringan merk Cilegon Steel. Memiliki ukuran panjang 6 sampai 7 meter. Ketebalan sekitar 1 sampai 1,6 mm. Biasanya juga dimanfaatkan untuk konstruksi bangunan. Seperti jenis baja pada umumnya, memiliki ketahanan yang sangat baik.

Demikian lah Informasi seputar baja ringan, semoga bisa menjadi wawasan yang bermanfaat untuk menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan kebutuhan konstruksi rangka atap anda, adapun untuk harga baja ringan per batang cukup bervariasi tergantung merek dan ukuran.


Bagi anda yang membutuhkan matrial baja ringan maupun berikut jasa pasang rangka atap baja atau sekedar konsultasi bisa menghubungi kami melalui nomer yang tertera di situs ini untuk mendapatkan harga baja ringan murah dan berkualitas.
Ketentuan pemesanan & jasa pemasangan baja ringan:
  1.  Minimal order diatas 200 m², dibawah itu konfirmasi ke marketing kami.
  2.  Sebelum pengerjaan akan dilakukan suvey terlebih dahulu.
  3.  Jarak aman Pemesanan 2 s/d 3 sebelumnya.
  4.  Pembayaran DP 50%, sisa pembayarn 50% diawal progress.
  5. Pembayaran yang sah via transfer  ke nomer rekening BANK MANDIRI: 133-00-1365568-3  A/N, PT ADJIE GLOBAL KONTRUKSI.
  6.  Harga tidak mengikat, sewaktu waktu dapat berubah.
Jangkauan penjualan & pemasangan baja ringan.
Penjualan dan pemasangan baja ringan kami menjangkau seluruh wilayah di indonesia yang mencakup:
Aceh, Banda Aceh, Bali, Denpasar, Banten, Serang, Bengkulu, Bengkulu, DI Yogyakarta, Yogyakarta, DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Bandung, Jawa Tengah, Semarang, Jawa Timur, Surabaya, Kalimantan Barat, Pontianak, Kalimantan Selatan, Banjarmasin, Kalimantan Tengah, Palangkaraya, Kalimantan Timur, Samarinda, Kalimantan Utara, Tanjung Selor, Kepulauan Bangka Belitung, Pangkalpinang, Kepulauan Riau, Tanjungpinang, Lampung, Bandar Lampung, Maluku, Ambon, Maluku Utara, Sofifi, Nusa Tenggara Barat, Mataram, Nusa Tenggara Timur, Kupang, Papua, Jayapura, Papua Barat, Manokwari, Riau, Pekanbaru, Sulawesi Barat, Mamuju, Sulawesi Selatan, Makassar, Sulawesi Tengah, Palu, Sulawesi Tenggara, Kendari, Sulawesi Utara, Manado, Sumatera Barat, Padang, Sumatera Selatan, Palembang, Sumatera Utara, Medan.