This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

Jenis - jenis semen dengan kualitas terbaik.

Jenis - jenis semen dengan kualitas terbaik.

semen kualitas terbaik


JENIS JENIS SEMEN PORTLAND

Semen merupakan salah satu material perekat yang paling banyak digunakan sebagai campuran olahan beton cair ataupun pelapis (acian) yang berfungsi untuk menghaluskan permukaan dinding maupun lantai.

Semen adalah matrial hidraulis yang mana bila tercampur dengan air akan menghasilkan adonan perekat yang sangat kuat. Semen itu sendiri terbentuk dari camppuran beberapa jenis bahan antara lain: Pozzoland, gypsum dan terak sehingga pada umumnya disebut dengan semen portland(OPC).
Semen portland dibagi menjadi lima type sesuai denga kandungan dan fungsinya antara lain:
  • Semen portland type I.
    Semen type ini adalah semen yang biasa digunakan oleh masarakat pada umumnya sebagai campuran adonan beton biasa. Semen tiype ini banyak dijual ditoko-toko material sehingga sangat mudah dijumpai.
  • Semen portland type II.
    Semen dengan type ini memiliki kadar sulfat yang cukup sedang, sehingga memimiliki ketahanan terhadap panas hidrasi yang cukup dan tahan terhadap suhu tinggi. Semen jenis ini biasa digunakan untuk olahan beton untuk konstruksi berat seperti: landasan udara, drainase, bendungan dan sebagainya.
  • Semen prtland type III.
    Semen type ini memiliki tingkat kekuatan yang cukup tinggi, sangat cocok untuk daerah dengan suhu yang rendah. Biasanya digunakan untuk pekerjaan betonisasi dengan jangka waktu yang singkat, semen jenis ini diperuntukan  sebagai campuran beton untuk konstruksi jalan toll, gdung tinggi, lapangan udara dan sebagainya.
  • Semen prtland type IV.
    Semen jenis ini memiliki keunggulan tahan terhadap suhu yang sangat panas dan tahan terhadap panas hidrasi, sehingga sangat cocok untuk campuran adonan beton bendungan besar.
  • Semen portland type V.
    Type ini memiliki ketahanan terhadap berbagai macam cuaca dan biasa digunakan untuk menambah ketahanan terhada sulfat, Biasanya type jenis ini digunakan untuk campuran adonan beton konstruksi jembatan, pelabuhan, Konstruksi dalam air dan pengolahan limbah pabrik.

Beberapa jenis semen yang layak menurut standard (SNI):

  1. Semen masonry.
    Biasa digunakan untuk pembuatan jalan perkebunan, konstruksi rumah tinggal dan bahan baku pembuatan paving block.
  2. Semen portland campur.
    Semen jenis ini biasa difungsikan untuk menanggulangi terjadinya kerusakan yang diakibatkan oleh cuaca yang extrim.
  3. Semen portland biasa.
    Jenis semen yang umum digunakan untuk kebutuhan konstruksi.
  4. Semen portland Pozolan.
    Biasanya semen jenis ini digunakan untuk bangunan yang membutuhkan ketahanan terhadap terhadap sulfat dan panas hidrasi seperti: Jembatan, jalan toll, bendungan dan lain-lain.
  5. Semen portland putih.
    Biasa digunakan sebagai campuran dan sebagai bahan untuk finishing konstruksi lantai beton dan sejenisnya.